Jumat, 17 Februari 2012

Pengenalan Jenis-Jenis Mobil

0 komentar
Setelah menulis review tentang bisnis online... Saya mencoba memberikan ulasan tentang dasar-dasar pengenalan tentang mobil...
Telah di tentukan atau telah terjadi suatu syarat, bahwa mobil itu harus dapat bergerak sendiri, tanpa di tarik atau di dorong oleh bagian-bagian lain yang letaknya terpisah dari mobil tiu sendiri...
Bagian-bagian utama dari mobil ini, adalah mesin sebagai sumber tenaganya dan roda-roda yang tugasnya untuk meluncurkan kendaraan...
Pada masa lalu, mobil hanya digunakan sebagai pengganti kaki manusia, tetapi sekarang banyak bagian-bagian tambahan lainnya yang di perlukan untuk memenuhi selera dan kepuasan, stabil, dapat bergerak dengan cepat, hemat dalam pemakaiaan bahan bakar, memenuhi faktor keselamatan penumpang dan kendaraan itu sendiri..

I Berbagai Macam Mobil
Adapun bagian-bagin mobil yang kita pelajari, Mobil dapat kita bagi berdasarkan tipe mesin yang digunakan adalah............

1. Mobil Listrik (Elektrikal Automobil)
Mobil listrik menggunakan batrai sebagai sumber tenaganya untu menggerakkan motor hingga mobil dapat berjalan.
 Batrai ini perlu berat dan selain itu proses pengisian batrai tidak dapat berlangsung dengan segera, sehingga pada perakteknya pada saat ini mobil listrik belum dapat digunakan.
Tetapi pada mobil listrik ini terdapat beberapa faktor yang menguntungkan, disebabkan tidak mengeluarkan gas-gas buang yang menyebabkan pengotoran udara (polusi udara).
Bila dikemudian hari batrai dengan kapasitas yang tinggi dapat di temukan maka mobil listrik ini barulah dapat di gunakan....

2. Mobil Bensin (Gasoline Automobile)
 Mobil yang dilengkapi dengan motor bensin  sebagai sumber tenaganya. Dibandingkan dengan mesin-mesin lainnya, mobil yang menggunakan motor bensin sebagai sumber penggerak utamanya, maka pada mobil bensin ini terdapat faktor-faktor yang menguntungkan, termaksud mudah dalam pelayanannya serta dapat menghasilkan tenaga yang besar, bila disesuaikan dengan ukuran serta beratnya.
Karena kebaikan serta keuntungan yang di hasilkan dari motor bensin, dewasa ini banyak motor bensin yang di gunakan sebagai sumber penggerak...

3. Mobil Diesel (Diesel Automobil)        
Mobil diesel menggunakan minyak solar sebagai  bahan bakarnya, motor ini banyak digunakan sebagai tenaga penggerak pada mobilbis dan truck.
Dewasa ini dapat dikatakan bahwa sebagian besar mobil penumpang  menggunakan motor bensin dan motor diesel digunakan  pada mobil bisdan truck.

4. Mobil Turbin (Gas Turbin Automobil)  
Mobil yang menggunakan turbin gas sebagai tenaga penggeraknya, hingga kini masih merupakan taraf percobaan, umpamanya di Amerika atau di negara lainnya.
Dibandingkan dengan motor bensin mobil turbin ini getarannya kecil, dapat menghasilkan putaran yang lebih tinggi, dapat menghasilkan putaran yang lebih tinggi, serta pamakaian bahan bakar yang hemat, adanya faktor-faktor yang menguntungkan ini mobil turbin mempunyai masa depan yang tinggi.

II Susunan Mobil (Automile Componen)
Banyak perubahan,penggantian atau penyempurnaan yang terdapat pada mobil, ini tergantung pada penggunannya, tetapi pada dasarnya mempunyai konstrukti yang sama.
Diantara berbagai macam konstruksi, yang banyak digunakan dewasa ini, seperti terlihat pada gambar 2, di mana mesin dipasangkan di bagian depan dan roda-roda belakangnya betlaku sebagai roda penggeraknya.
Susunan ini dikenal dengan 'front - engine dan rear - drive system', dan sistim lainnya akankita bahas kemudian.
Mobil dapat kita bagi menjadi dua bagian besar , body dan chasis.

1.  Body
Body adalah salah satu bagian dari kendaraan untuk menempatkan penumpang atau muatan-muatan.
Body terbuat dari plat logam ( stel plate ) yang tebalnya kira-kira 0,6 sampai dengan 3mm, di-las dalam bentukj merupakan kotak-kotak.

2.  Chasis
Chasis adalah merupakan satu bagian dari kendaraan , atau dengan kata lain adalah bagian yang tinggal bila body mobil dilepaskan keseluruhannya.
Gambar 2 memperlihatkan chasis keseluruhan.
Chasis ini terdiri dari bagian-bagian sebagai berikut :
        Rangka ( frame)                                                     Sistim kemudi (steering system)
        Mesin (engine)                                                       Sistim suspensi (suspension system)
        Pemindahan tenaga (power train)                          Sistim rem (brake system)
        Roda-roda (wheels)                                                Kelengkapan lainnya (other component)

( 1 )  Rangka (frame)
Rangka adalah bagian kendaraan yang mana pada rangka ini body, mesin dan bagian-bagian lainnya di tempelkan.
Umumnya rangka terdiri dari dua buah balok besi yang memanjang di hubungkan dengan bagiian-bagian yang melintang.
rangka ini dibuat agak mengecil ke dalam untuk memudahkan pemasangan sistim kemudi.
Sebaliknya, akhir-akhir ini pada mobil-mobil penumpang rangkanya dibuat secara terpisah, dan kemudian dilaskan pada body, hingga merupakan satu unit yang biasa di sebut 'moncong' body.
Teknik pembuatan body ini diambil dari metode baru, cara pembuatan body pesawat terbang.
Prinsipnya sama dengan yang di sebut kulit telur (eggshel), ringan, kuat, dan sukar di pecahkan dengan tangan.

( 2 )  Mesin
 Bagian yang menghasilkan tenaga yang diperlukan untuk menggerakan mobil adalah mesin.sebagian besar mesin yang digunakan pada mobil adalah model torak (reciprocating piston), dan model pembakaran dalam (internal combustion).
Mesin model pembakaran dalam (internal combustion) ini dapat dibagi dalam (1) motor bensin, yang mana percampuran udara dan bensin dilakukan dalam karburator dan disalurkan ke dalam silinder,  campuran ini dipampatkan oleh torak, dan dibakar untuk memperoleh tenaga, dan (2) motor diesel, yang mana hanya udara saja yang dihisap ke dalam silinder, di mana setelah di dapat udara yang di mampatkan oleh torak, solar disemprotkan ke dalam silinder, dengan menggunakan fuel injector memungkinkan terjadinya pembakaran dan ekspansi unhtuk menghasilkan tenaga.

Motor bensin terdiri dari mesin, yang menghasilkan tenaga, sistim bahan baklar yang menyediakan bensin, sistim pelumasan yuang melumasi bagian-bagian mesin, sistim pendingin yang mencegah mesin menjadi terlalu panas.
sistim pengapian yang membakar gas, campuran udara dan bensin dan sistim pembuangan dan pemasukan gas. Bagian-bagian memungkinkan menghasilkan tenaga yang besar dengan suatu perbandingan unit ukuran kecil.
Motor diesel mempunyai konstruksi yang sama dengan motor bensin, perbedan utama, pada motor diesel ini tidak terdapat sistim pengapian, bahan bakarnya dibakar oleh panas yang ditimbulkan oleh udara yang dipampampatkan.
Tetapi motor diesel  membutuhkan fuel injector, dan juga konstruksi motor diesel dibuat lebih kuat, namun pada motor diesel ini menimbulkamn suara yang agak berisik.

( 3 )  Pemindahan tenaga (power train)
Mekanisme yang memindahkan tenaga dari mesin  ke roda-roda yang disebut pemindahan tenaga (power train).
Bergantung dari letaknya (penempatan) mesin dari roda-roda yang digerakan , diantaranya mesin di depan dengan sistim penggerak roda belakang (front-engine rear drive system),dan sistem penggerak 4 roda (4 wheels drive system).
Pemindahan tenaga yang umum digunakan adalah sistim front engine rear drive (Gambar 3) yang terdiri dari kopling (clutch) yang fungsinya menghubungkan dan membebaskan tenaga dari mesin ke transmisi.
Transmisi ini fungsinya mengubah kecepatan putaran mesin dan momen yang di perlukan roda-roda, propeller shaft yang memindahkan tenaga dari transmisi ke differential, dan fungsi differential ini membagi dan memindahkan tenaga ke roda-roda kiri dan kanan.

( 4 )  Roda-roda dan ban (wheels and tires)
Fungsi roda-roda ini selain untuk meluncurkan mobil juga untuk memikul kendaraan itu sendiri, roda-roda ini terdiri dari roda-roda depan dan belakang.Roda-roda belakang digerakkan oleh poros (ear axle shaft), dan dapat meluncurkan mobil.
Ban terbuat dari karet yang berbentuk 'donat' dan dipasangkan pada bagian luar (pelek) yang terbuat dari baja, bagian dalam ban ini diisi udara untuk dsapat mengurangi  bantingan-bantingan pada jalan yang tidak rata.
Bn-ban ini dilengkapi dengan ban dalam, tetapi ad juga ban tanpa ban dalam biasa disebut 'tubeles' yang mana ban luar ini juga berfungsi sebagai ban dalam.

( 5 )  Sistim kemudi (steering system)
Fungsi sistem kemudi ialah untuk mengubah arah kendaraan, dan cara kerjanya adalah sebagai berikut:
Bila pengemudi  memutarkan roda kemudi, maka poros utama kemudi telah dihubungkan itu memindahkan putaran ke roda gigi kemudian,gerak putar yang dipindahkan ke steering gear diubah menjadi gerakan yang mendatar diteruskan ke pitman arm.
pitman arm berhubungan dengan steering  linkage, sehingga roda-roda dapat membelok kekiri-kekanan untuk mengarahkan lajinya mobil.

( 6 ) Sistem suspensi (suspension system)
Fungsi sistem suspensi ini untuk memperoleh gerakan kendaraan yang lembut dengan jalan meredam kejutan-kejutan dan getaran-getaran, dan mencegah pindahnya getaran-getaran ini ke body atau rangka.
Sistem suspensi ini terdiri dari pegas-pegas yang menyerap bantingan-bantingan yang ditimbulkan oleh keaadan permukaan jalan, shock absorber untuk menyerap gerakan turun naiknya pegas.

( 7 )  Sistem rem (brake system)
Sistem rem ini mutlak dipergunakan untuk memperlambat atau menghentikan kendaraan. Rem ini dilengkapi pada seuah roda-roda. Dengan adnanya desakan yang kuat, semua rem menahan tromol rem yang sedang berputar, tahana gesek akan memperlambat atau memberhentikan putaran roda.
umumnya mobil-mobil dilengkapi dengan 2 sistem rem, terdiri dari rem hidrolik dan mekanik.Pada sistem rem hidrolik , yang mana ini bias digunakan mobil ,dengan jalan menginjak pedal rem dan akan menimbulkan tekanan dan master cylinder .Dari master cylinder ini dihubungkan ke sepatu rem dengan pipa-pipa,yang mana akan terjadi pengereman. Rem mekanik biasanya digunakan bila mobil berhenti (parkir).
Tariklah tuas rem tangan yang terdapat pada ruang kemudi, rem mekanik ini akan bekerja melalui kabel penghubungnya ,sistem rem terlihat pada gambar 11.

( 8 ) Kelengkapan lainnya.
Penambahan pada bagian-bagian selain yang telah diuraikan di atas adalah kelengkapan pada body (car body accesoris).
a. Sistem penerangan (lighting sistem)......................................Lampu depan, lampu rem dsb.
b. Sistem pendinginan  (air conditioner).............................Pemanas dan pendingin udara dsb.
c. Instrumen..........................................................Speedometer, pengukuran bahan bakar dsb.
d. lain-lain.....................................................................Penghapusan kaca,klakson,radio  dsb.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar